Selamat Datang Di Blog Novrizandi Malaputra Virtual

31 October, 2012

Ikan Ompok

(Saanin, 1981) Menyatakan bahwa ikan Ompok termasuk ke dalam Pisces, Sub Kelas Teleostei,Ordo Silunformes, Sub Ordo Siluroidea, Famili Silunidae, Genus Ompo dan spesies Ompo hypopthalmus

(Pulungan,1985) Ikan ompok merupakan ikan air tawar yang terglong dalam famili Silurudae,Jenis-jenis ikan ini udah dikenali sebagian masyarakat yang berada dikawasan Sunda plat.Akan tetapi nama yang diberikan kepada ikan selai sangat berfariasi dengan asal di mana jenis-jenis ikan ompok ini di dapat.

(Kottelat et al, 1993) Ikan Ompok mempunyai cirri-ciri sebagai berikut bentuk penampang punggung agak cembung dengan bentuk penampang pungggung agak cembung dengan bentuk pipih memanjang dibedakan dari semua jenis. Kepalanya panjang 4.6 – 5.3 kali lebih pendek dari panjang standar,sungut-sungutnya memendek, kira-kira sampai setengah atau sepanjang diameter mata. Sirip dada lebih pendek dari pada kepala, rahang bawah meruncing melampaui rahang atas. Ketika mulut ditutup, sirip punggung tidak terdapat.

(Pulungan et al,1985) Ikan Ompok di danau merupakan salah satu jenis ikan selais yang ada di Raiu dan termasuk ikan jenis air tawar yang hidup di sungai,anak sungai dan danau(oxbow lake) yang terdapat di sekitar aliran sungai utama di daerah Riau. 
 
(Pulungan et al,1985) Ikan Ompok (Ompo hypopthalmus) merupakan ikan air tawar yang tergolong kedalam Famili Siluridae. Jenis-jenis ikan ini sudah dikenali sebagian masyakat yang berada dikawsan Sunda plat. Akan tetapi nama yang diberikan kepada ikan selai sangat berfariasi dengan asal dimana jemnis-jenis Ikan Ompok ini di dapat.

0 comments:

Post a Comment