Selamat Datang Di Blog Novrizandi Malaputra Virtual

31 October, 2012

Ikan Nila



(Djarijah ,1995) Mengklasifikasikan ikan Nila sebagai berikut : Phylum Chordata, Subphylum Vertebtara, Klass Osteichtyes, Subklass Achanthoptherigi, Ordo Percopmorpa, Subordo Perciodea, Family Chiclidea, Genus Oreochromis, dan Spesies Oreochromis niloticus.

(Asmawi ,1986) Ikan Nila bersifat omnivora tapi cenderung untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari Plankton, Tumbuh-tumbuhan hakus, dedak tepung bungkil kacang, ampas kelapa dan lain sebagainya 

(Sugiarto ,1987) Ikan Nila Orechromis niloticus termasuk ke dalam ordo Perciformes,Family Cichlidae,Genus Oreochromis dan spesies Orechromis niloticus. Ikan yang termasuk dalam genus orechromis adalah ikan yang bertugas mengerami telur dan menjaga anaknya adalah sang induk betina.Contoh spesies lainnya antara lain: Oreochromis spilarus, Oreochromis aereus, Oreochromis hantari, Oreochrommis mossambicus ,Oreochromis niloticus.

(Santoso ,1996) Ikan Nila merupakan ikan nila yang mempunyai bentuk yang agak memanjang pipih ke samping. Warnanya putih kehitaman, makin ke bagian ventral warnanya akan semakin terang.Pada tubuh terdapat 10 buah garis vertikal yang berwarna hijau kebiruan,sedangkan pada sirip ekor terdapat 8 buah garis melintang yang ujungnya berwarna kemerahan.

(Sugiarto ,1987) Mata ikan Nila tampak menonjol agak besar dan di pinggirnya berwarna hijau kebiruan.Letak mulut terminal.Gurat sisi(Linea lateralis) terputus menjadi 2 bagian yanng terletak memanjang di atas sirip dada.
 
(Mandala ,2005) Ikan Nila mempunyai nama perdagangan yaitu nile tilapea.Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti pipih compressed dengan panjang tubuh serta hidup di sekitar dasar perairan dan permukaan perairan laut,tergolong ikan Palagis yang menghendaki perairan bersalinitas tinggi,suka hidup bergerombol baik perairan pantai maupun di lepas pantai. Kebiasaan makannya adalah memakan plankton besar atau kasar,cepalopoda dan Sunyoto crustacea.

0 comments:

Post a Comment